Free Templates

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Sed a nulla. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer.

Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2012

 

Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Sulawesi Utara

Tahun Anggaran 2012

 

EVALUASI DAK: Rapat evaluasi pengendalian pelaksanaan Dana Alokasi Khusus tahun anggaran 2012 di Provinsi Sulut, 30-31 Oktober 2012 yang di buka oleh Asisten III - Edwin H. Silangen, SE, MS dan Kepala Bappeda – Noldy Tuerah, PhD.

MANADO – Sampai dengan Triwulan III tahun 2012 Realisasi Keuangan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN per bidang/kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SKPD Provinsi maupun Kabupaten/Kota menunjukkan realisasi keuangan rata-rata diatas 35%, dan fisik sebesar 50%. Demikian hasil rapat evaluasi yang diselenggarakan pada tanggal 30 dan 31 Oktober 2012 yang dibuka oleh Asisten III Edwin H. Silangan, SE.MS bertempat di Hotel Grand Puri Manado.

         Dalam rapat evaluasi tersebut terungkap ada beberapa bidang DAK yaitu Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan Hidup dan Keluarga Berencana, PU (Sanitasi) dan Transportasi Perdesaan masih mengalami kendala keterlambatan dalam pelaksanaan pekerjaan yang disebabkan oleh, (1) Adanya Perbedaan Juknis pendidikan untuk kategori lelang atau swakelola yang tidak sesuai dengan Perpres 54 tahun 2010 tentang Tata cara pengadaan barang dan jasa sehingga pelaksanaan Fisik Konstruksi sampai bulan September belum dilaksanakan. (2) Terjadi gagal tender untuk kegiatan perikanan dalam hal pengadaan Cool storage dan pembuatan kapal di beberapa kabupaten/kota. (3) Terjadi perubahan lokasi pelaksanaan lokasi sanita di beberapa kab/kota menyebabkan keterlambatan pelaksanaan kegiatan. (4) Keterlambatan pelaksanaan kegiatan konstruksi jalan di daerah kepulauan disebabkan mobilisasi material jalan. (5) Terlambatnya Kabupaten/Kota menerima pagu anggaran/indikatif sebelum pengesahan APBD sehingga dana pendamping tidak teralokasi pada APBD Kabupaten/Kota induk.

        Untuk mempercepat penyerapan realisasi DAK, Bappeda Provinsi membuat surat tindak lanjut kepada Bupati Kabupaten/Kota tentang beberapa hal yang bisa mendorong tingkat penyerapan DAK oleh SKPD Kab/Kota, dan pada awal Januari 2013 (Minggu ke-II) Bappeda Provinsi akan melakukan Monitoring Terpadu DAK ke Kabupaten/Kota, untuk melihat perkembangan pelaksanaan DAK dengan target capaian 100%.

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Sed a nulla. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer.
Design Downloaded from free CSS templates | free website templates | Seodesign.us.